ADDRESS LIST - MIKROTIK FIREWALL

ADDRESS LIST - MIKROTIK FIREWALL 

Firewall

Menurut https://wiki.mikrotik.com firewall adalah daftar alamat firewall memungkinkan pengguna untuk membuat daftar alamat IP.

Address List 
yang yang dikelompokkan bersama dengan nama umum. Filter firewall, mangle, dan fasilitas NAT kemudian dapat menggunakan daftar alamat tersebut untuk mencocokkan paket dengan paket tersebut.

Daftar alamat juga dapat diperbarui secara dinamis melalui action=add-src-to-address-list atau action=add-dst-to-address-items item yang ditemukan di fasilitas NAT, mangle dan filter.

Aturan firewall dengan aksi add-src-to-address-list berfungsi dalam mode passtrought, yang berarti bahwa paket yang cocok akan diteruskan ke aturan firewall selanjutnya.

Firewall

Menurut http://mikrotik.co.id  firewall adalah ditur yang untuk filtering akses (Filter Rule), Forwading (NAT)  dan juga menandai paket dari traffic data yang melewati router (Magle).

Address List 

Fitur address list dapat menambah pada address  list dengan nama domain sebuah website. Hal ini membantu dalam management koneksi berdasarkan source (sumber) dan destination (tujuan) yang kita didaftarkan ada address list.

Implementasi Address List 
Menurut https://wiki.mikrotik.com
Berikut membuat Address List Dynamic orangnya terhubung ke port 23 (telnet) pada router dan menjatuhkan mereka 5 menit. Address List akan brerisi satu entri Address List statis dari 192.0.34.166/32

Alat dan bahan

  • Laptop 
  • RouterBoard RB941
  • kabel UTP 
Cara konfigurasi
Menurut Shidiq maulana 
1. Masuk ke winbox lalu login ke RB kalian



2.  lalu klik ip=> firewaall



3. Lalu masuk ke address l
ist


4. Lalu tambahkan (+) di "Name" diisi misalnya dan "Address" di isi pc yang ingin di blok misal 192.168.1.10

4. Lalu tambahkan(+) di ''Name'' diisi misalnya ''back'' dan ''Address'' di isi ip pc yang ingin di blok misal 192.168.1.10


5. Kemudian masuk ke Filter Rules :
dan klik (+) lalu klik "Advanced" dan "Dst.address List"yang ada di ubah name tadi "Block" lalu klik action dan di "action" di ubah "drop"
dan klik OK.


6. Tes di cmd ketik ping (ip)
contoh : ping 192.168.1.10
jika hasilnya request time out maka anda bewrhasil



Setelah selesai. maka konfigurasi telah berhasil. dengan aturan ini kita bisa memfilter IP yang mencoba masuk ke router dan kemudian di drop oleh aturan dari filter.

Menurut Mikrotik.co.id
Management koneksi untuk akses youtube dan facebook dengan Address List. management ini dilakukan pada jam kerja yaitu jam 08.00 - 16.00 akses website akan diblok.

Alat dan bahan :
  1. laptop
  2. RouterBoard RB941
  3. Kabel UTP
Cara Konfigurasi:
1. Buka winbox lalu connect


2.  lalu klik ip=> firewaall


3. lalu pilih Address List klik (+) dan "name" saya isi detik.com karna itu adalah web yang akan saya blokir lau Address di isi IP web yang akan di block, ini IP dari web yang akan saya blokir "216.58.221.69" dan klik OK.


4. lalu pilih menu Filter Rules dan klik (+) di General => Chain di ubah "Forward" lalu Advanced => Dst,addrest list dikasih name tadi "detik.com" dan di Action => Action di ubah "drop" lalu klikOK.

5. Setelah di OK akan seperti ini.


Pengujian
Sekarang kita cobak masuk ke web yang kita blokir tadi kita ketik IP nya jika tidak bisa di akses berrarti kita berhasil.


Daftar Pusaka 
https://wiki.mikrotik.com
diakses pada tanggal 28 oktober 2019 pada pukul 9:00

http://mikrotik.co.id
diakses pada tanggal 30 oktober 2019 pada pukul 10:49

Komentar

Postingan Populer