'Cara Remote Mikrotik (Winbox, Webfig, SSH,Telnet, Tikapp)


1. MIKROTIK 


Menurut Muhammad Habibi Cara peremotan winbox adalah :

Pertama buka winbox maka akan muncul di kolom paling bawah, sebuah ip dan mac address router mikrotik. dan klik lah pada bagian ip address mikrotik dan klik connect.



Maka setelah itu, akan muncul seper ini namun belum ada terminalnya masih kosongan, dan ini sebagai pembuktian saja kalau langkah tersebut benar.


Pertama kalian harus meremot mikrotik untuk pertama kali dengan winbox melalui mac address karena kenapa, pada umunya router mikrotik awalnya tidak memiliki konfigurasi apapun bahkan ip address sekalipun. jadi kalian harus membuat ip address tersebut.

2. Webfig 


Menurut Muhammad Habibi cara peremotan webfig adalah :

pada cara ini kalian hanya membuka browser dan ketikan


Dan ini pun tampilan webfig itu sendiri, jadi kalian meremot mikrotik dan mengkonfigurasinya dengan menggunakan browser dan berbasis web.


3. Telnet (putty) 

Menurut Muhammad Habibi cara peremotan telnet (putty) adalah :

pada cara ini hanya membutuhkan aplikasi putty, dan cukup memasukkan ip address ke dalam colom host name or ip address, lalu pilih telnet, dan open. tapi saya menggunakan admin ip address, karena itu untuk mempermudah agar kita ketika login mikrotik langsung masuk menjadi user admin.


maka akan masuk langsung seperti ini dan untukk pasword bisa langsung enter aja


Nah ini nih pembuktiannya, sebenarmya udah ada sih dari awal, yang ip addressnya di pojok kiri atas, nah itu kan ada ip 28.28.28.9
-putty nah itu pun salah satu bukti



4. SSH 

Menurut Muhammad Habibi cara peremotan SSH adalah :

Pada cara ini hampir sama seperti telnet pada putty, namun yang berbeda untuk langkah kedua pilih lah SSH maka langsung open aja.


Maka hasilnya pun sama 


1. MIKROTIK 

Menurut Anita Winarni Cara petremotan winbox  adalah :

Buka winbox anda kemudian klik pada tab Neigboars untuik mengetahui perangakat yang terkoneksi. apabila router tidak terdeteksi, anda dapat klik refresh hingga router berhasil terdeteksi. kemudian jika router sudah terdeteksi. kemudian jika router sudah terdeteksi, akan ada tampilan seperti pada gambar  yang merupakan spesifikasi perangkat anda. klik pada bagian  MAC Address hingga MAC Address tersebut tersalin pada kolom Connect To. selanjutnya klik Connect untuk mulai meremot router.


ini  merupakan tampilan yang akan muncul jika remote router berhasil.


Kemudian anda dapat melakukan pengaturan IP Address router dengan sorot pada menu IP kemudian pilih Address.



Setelah itu klik ikon tambah (+) seperti pada gambar lalu masukkan IP Address dan klik OK. ini bertujuan agar selain dapat meremot menggunakan MAC Address, anda juga dapat meremot router menggunakan IP address. selain IP Address yang anda buat, bisa juga menggunakan IP Address default mikrotik. disini kami memasukkan IP Address untuk router yaitu : 104.104.104.104/24. 


Langkah berikutynya, atur jaringan PC anda agar bearada dalam satu network dengan router. disini kami memasukkan (104.104.104.104/24). 



Selanjutnya close winbox dan buka kembali. lalu coba untuk remote dengan memasukkan IP Address seperti pada gambar berikut : 


Jika akses router berhasil maka akan muncul tampilan seperti ketika akses dengan MAC Address. 


2. Webfig 

Meremot perangkat mikrotik dengan cara webfig sangatlah mudah. anda hanya perlu menyiapkan browser, kemudian akses IP Address router anda. jika akses berhasil, maka tampilan yang akan muncul adalah sebagai berikut : 




3. Telnet 

Menurut  Anita Winarni Cara peremotan Telnet adalah :

Untuk melakukan remote (akses) router mengguankan telnet, anda memerlukan sofware putty jika sistem operasi yang digunakan berbasis windows. buka putty kemudian masukkan IP Address router, lalu pilih tipe koneksi yaitu telnet (port 23). kemudian klik open. 


Kemudian login dengan memasukkan username dan pasword. karena kami belum mengubah username dan pasword (masih default), maka kami login dengan menggunakan username admin dan pasword dikosongkan. 


Jika berhasil diakses, maka tampialannya akan seperti pada ngambar berikut : 

.

4. SSH 

Menurut Anita Winarni Cara peremotan SSH adalah : 

Sebenarnya meremot SSH hampir sama dengan Telnet kurang aman dibandingkan SSH, jadi jika anda ingin melakukan akses yang aman terhadap router, anda dapat mengguankan SSH. Caranya juga hampir sama, buka putty kemudian masukkan IP Address router, dan pilih tipe koneksi yang SSH (port 22). setelah itu open. 


Setelah itu login dengan memasukkan username dan pasword. 


Jika router berhasil diakses maka tampilan yang muncul adalah sebagai berikut : 



1. Winbox 

Menurut Christoffel cara meremot mikrotik dengan winbox adalah : 

Untuk default router yang baru, ip pada setiap interfacenya masih belum di setting oleh karena itu kita bisa meremotnya melalui mac address atau melalui port concosule, untuk mac address kita bisa menggunakan winbox, caranya buka winbox pada pc atau laptop anda yang sudah terhubung dengan router. setelah itu klik neigboard dan klik pada mac address router anda, untuk username default pada router adalah admin dengan pasword dikosongkan, lalu klik connect. 


Seperti yang saya bilang sebelumnya router default belum memiliki ip address, oleh karena itu kita harus menambahkan, caranya pilih ip>address 


Klik (+) dan isikan ip address sesuai kebutuhan anda 


2. Webfig 

Menurut Christoffel Cara peremotan mikrotik mengguanakan winbox adalah : 


Webfig adalah satu cara meremot router mikrotik mengguanakan browser yaitu dengan cara mengisipkan ip address pada kolom url pada browser kita, seperti chrome ataupun mozzila. 


Maka tampilannya akan seperti berikut, sekilas memang mirip seperti winbox hanya saja masih terdapat beberapa kekurangan pada webfig ini, seperti ini bisa menggunakan terminal saat seperti winbox. 


3. SSH 

Menurut Christoffel cara peremotan mikrotik menggunakan SSH adalah :

Untuk pengguna windows kita bisa menggunakan SSH dengan bantuan aplikasi bernama putty, catatannya buka putty, pilih SSH kemudian isikan ip router anda lalu klik open. 




Kemudian login menggunakan admin 




4. Telnet

Caranya menggunakan terminal di linux untuk melakukan remote router mengguankan telnet, caranya buka terminal linux dan ketikkan command kemudian login dengan admin dan router pun siap untuk di config


1. Mac-Address 

Menurut Nur Kamila Aprilia Cara peremotan mikrotik menggunakan Mac-Address adalah :


  • Pertama sambungkan router mikrotik dengan PC atau laptop, lalu buka aplikasi winbox dan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, maka klik tab neigboards disinilah terdapat beberapa item keterangan router mikrotik, jika masih beum muncul maka klik refresh untuk memuat kembali, setelah muncul maka klik 2 kali pada mac-address sehingga mac-address pindah ke connect to, setelah itu klik conncet. 



  • Dan inilah tampilan utama dari Winbox. 




  • Selanjutnya karena kita akan coba mengakses melalui ip address maka kita akan menambahkan ip di winbox. cara dengan mengeklik menu ip>klik addressing>klik tanda plus> isikan kolom address sesuai dengan yang kita mau, untuk kolom network klik apply saja nanti akan keluar sendiri, dan isikan pada kolom interface sesuai dengan kabel yang nyolok dengan interface router> kliki ok. 

  • Selanjutnya kita akan mencoba mengubah identify nya dengan mengeklik menu system>identity>isikan identitynya sesuai dengan yang kita mau> klik ok. 


2. IP Address


  • Selanjutnya kita keluar dari winbox dan mengatur ip PC atau laptop kita remote, sedangkan getewaynya isikan dengan ip router tersebut, setelah itu klik ok. 
  • Setelah itu klik login ke dalam winbox dengan menggunakan ip. klik tab neigboards disinilah terdapat beberapa item keterangan router mikrotik, jika masih belum muncul maka klik refresh untuk memuat kembali, setelah muncul maka klik 2 kali pada ip address sehingga ip address pindah ke connect to, setelah itu klik connect. 


  • Dan kita berhasil meremot menggunakan ip melalui winbox. 

2. Webfig 

  • Pertama, kita buat browser>ketikkan ip address router mikrotik kita>klik enter. 
  • Maka kita sudah berhasil meremotnya dengan ,tampilannya seperti ini. 

3. Telnet dan SSH (putty) 

Telnet 
  • Ketikkan ip address router mikrotik pada kolom hosname (or ip address) dan pilih connection typenya telnet, sedangkan pada kolom port akan muncul secara default, dan 23 ini merupakan port default nya telnet. maka klik ok.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini, maka kita akan mulai login dengan admin dan ketikkan paswordnya. 

  • Setelah berhasil maka seperti inilah tampilannya. 

5. SSH 


Strating Winbox 

Winbox loader can be downloaded from the mikrotik download page. when winbox. exe is downloaded, double click on it and winbox loader windows will pop up :






To connect to the router enter IP or MAC Address of the router, specify username and pasword (if any) and click on Connect button. you can also enter the port number after the IP Address, separating them with a colon, like this 192.168.88.1:9999. the port can be changed in RouterOS services menu. 

you can also use neigboard discovery, to list availble routers use Neigboards tab: 



From list of discovered routers you can click on IP or MAC address column to connect to that router. if you click on IP address then IP will be used to connect, but if you click on MAC Address then MAC address will be used to connect to the router. 


one the main toolbar's left side is located undo and redo buttons to quikly undo any changes made to configuration. on the right side is located : 
  • winbox trafficxt indicator displayer as a green bar, 
  • indicator that shows whetter winbox session uses encryption  



Child windows cannot be dragged out of working area. Notice in screnshot above that Interface windows is dragged out of visible working area and horizontal scroll bar appearred at the button. if any windows is outside visible work area boundaries the vertical or/and hoirizontal scrollbars will appear. 


Daftar pustaka 

Menurut Habibi Muhammad .2017. Cara meremot winbox-webfig-SSH-Telnet
diakses pada tanggal 19 oktober 2019 pada pukul 10:00

Menurut Winarni Anita .2017. Cara meremot winbox-webfig-SSH-Telnet 
diakses pada tanggal 19 oktober 2019 pada pukul 14:13

Menurut Christoffel .2017. Cara meremot mikrotik winbox-webfig-SSH-Telnet 
diakses pada tanggal 19 oktober 2019 pada pukul 9:24


Menurut Robi .2018. cara meremot mikrotik dengan winbox 
diakses pada tanggal 19 oktober 2019 pada pukul 8:46 



Komentar

Postingan Populer