Penjelasan DHCP server dan cara kerjanya

Penjelasan DHCP Server dan Cara Kerjanya 

Pengertian DHCP Server 

Dalam jaringan, server merupakan komputer yang tugasnya melayani setiap komputer atau host yang tergabung dalam satu jariingan.

DHCP server singkatan dari DHCP (Dynamic Host Configuration Protokol) adalah salah satu protokol pada jaringan komputer yang dapat memberikan atau meminjamkan IP Address terhadap host yang berada dalam satu jaringan secara otomatis. Sedangkan host yang mendapat pinjaman IP Address dari DHCP server tersebut bisa disebut DHCP Client. Jadi diimana ada server pasti ada client juga.

Cara Kerja DHCP Server 

Terdapat 4 tahapan yang dilakukan dalam proses piinjaman IP Address pada DHCP 


  • Tahap ke 1 IP Least Request 
Tahap pertama ini merupakan tahap dimana si client dalam jaringan meminta IP Address yang tersedia pada DHCP server. Awalnya saat pertama client terhubung dalam jaringan, client in akan mencari dulu apakah ada DHCP server yang bekerja pada jaringan tersebut. Nah dengan begitu akan ditemukan, client akan meminta IP Address pada DHCP server yang ada. 

  • Tahap ke 2 IP Least Offer 
DHCP server mendengar brodcast dari client yang baru terhubung dalam jaringan tadi, kemudian DHCP server membelrikan penawaran terhadap client tersebut berupa IP Address. 

  • Tahap ke 3 IP Lease Selection 
Setelah diberi penawaran oleh DHCP server, client yang me-request tadi menyetujui penawaran yang diberikan oleh DHCP server. Lalu si client memberikan pesan kepada DHCP server meminjamkan salah satu IP Address yang tersedia dalam DHCP-pool yang dimilikinya (DHCP-pool merupakan range IP  Address yang bisa digunakan oleh host yang terhubung dengannya). 

  • Tahap ke 4 IP Least Acknowleadge 
Pada tahap terakhir ini, DHCP server akan merespon pesan dari client dengan mengirimkan paket acknowledget yang berupa IP Address dan informasi lainnya yang dibutuhkan. setelah memberikan IP kepada client, DHCP server akan memperbarui database yang mereka miliki. sedangkan client akan melakukan inisialisasi dengan mengikat (binding) nomor IP Address yang memberikan tadi dan client sudah bisa beroperasi pada jaringan tersebut. 

Untuk lebih mudah memahaminya, pada saat komputer client dihubungkan ke jaringan, komputer tersebut akan merequest IP ke DHCP server. DHCP server menjawab memberikan informasi terkait IP Address (termasuk subnetmask, gateway, dns, dll) ke komputer client. 

Setelah meminjamkan IP, DHCP server akan mencoret IP tersebut dalam daftar pool yang dia miliki. dan menandakan bahwa IP tersebut sudah dipinjamkan ke salah satu client. 

Namun jika dalam daftar IP pool sudah tidak ada lagi nomor IP yang tersedia, maka si client tidak akan mendapatkan nomor IP dari DHCP server, dengan demikian si client tidak akan pernah terhubung ke jaringan tersebut. 

  







Daftar Pustaka 

Ritongga Pahmi . 2015. Pengertian DHCP server-fungsi-dan cara kerjanya 
diakses pada tanggal 29 oktober 2019 pada pukul 3:38 

Komentar

Postingan Populer