WEB PROXY-MIKROTIK FIREWALL

WEB PROXY-MIKROTIK FIREWALL 


WEB PROXY 

Menurut https://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:IP/Proxy
Mikrotik RouterOS melakukan proksi permintaan HTTP dan HTTP- Proksi (untuk protokol FTP dan HTTP). Proxy memiliki server yang melakukan fungsi cache objek internet dengan menyimpan objek internet yang diminta. yaitu data yang tersedia melalui protokol HTTP dan FTP pada sistem yang lebih baik dekat ke penerima dalam bentuk mempercepat penelusuran dengan mengirimkan salinan file yang diminta dari cache proxy dijaringan lokal kecepatan.

Fitur-fitur server proxy:

  • Proxy HTTP biasa- pelangganan menentukan server proxy untuknya
  • Proxy transparan- pelanganan tidak tahu tentang proxy yang diaktifkan dan tidak perlu konfigurasi tambahan untuk browser web kalian
  • Akses daftar berdasarkan sumber, tujuan, URL dan metode yang diminta (firewall HTTP)
  • Daftar akses langsung- untuk menentukan sumber daya yang mana harus diakses secara langsung, dan yang- melalui server proxy lain
  • Fasilitas logging- memungkinkan untuk mendapat dan menyimpan informasi tentang operasi proxy
Poxy web (cache) mengawasi permintaan yang datang dari klien, menyimpan salinan tanggapan untuk dirinya sendiri, jika ada permintaan lain untuk URL yang sama, proxy dapat menggunakan repons yang dimilikinya, jika tidak meminta file, proxy akan menggunduh dari server asli. 

Topologi 


Web Proxy 
Menurut http://mikrotik.co.id
Secara umum arti dari proxy adalah sebuah 'komputer server atau program komputer lainnya untuk melakukan request terhadap contect dari internet atau internet. Dengan kata lain proxy melupakan sebuah media keamanan bagi akses jaringan internet kita.
Ada beberapa macam tipe proxy, yaitu:
SSL Proxy, Web Proxy, Intercepting Proxy, Revers Proxy, Dll.
Setiap tipe proxy memiliki fungsi masing-masing.

Topologi
Hasil gambar untuk topologi web proxy
Sumber:https://freeshopalls.blogspot.com/2016/11/tes_13.html

Konfigurasi 

Menurut http://mikrotik.co.id

Memblokir Web 

1. buka winbox lalu pilih menu IP => Web Proxy.
2. kalian centang enable lalu pada port isi 3131 lalu pada cache administrator bisa diganti email kalian.



3. lalu buka menu IP => Firewall => lalu pilih NAT. silahkan tambahkan (+). pada chain pilih dstnat lalu pada protocol pilih tcp lalu pada dst. port ketik 80 lalu pada in. interface pilih yang tersambung ke laptopmu.





4. lalu pada action pilih redirect lalu pada to port silahkan masukkan 3131 lalu ok


5. lalu pada web proxy di access, pada dst. host isikan web yang akan diblokir. lalu actionnya pilih deny. klik apply dan ok.



Pengujian 


jika konfigurasi telah selesai. sekarang adalah waktu untuk menguji apakah web proxy berjalan atau tidak. silahkan masukkan url web yang tadi di blok. jika web berhasil di blok maka tampilannya seperti berikut.




Komentar

Postingan Populer