Komponen elektronika

Komponen elektronika

Komponen elektronika adalah dua gabungan atau lebih komponen elektronika baik komponen pasif maupun aktif yang membentuk suatu sistem atau fungsi pemrosesan sinyal sederhana maupun kompleks.

Resistor 



Sumber : https://smp3smi.wordpress.com 


Menurut Muhammad Zakky Resistor adalah suatu komponen elektronika untuk mengatur arus listrik dalam satuan elektronika. Satuan dari resistor adalah ohm dan resistor Diwakili oleh kode angka atau gelang warna pada badan resistor.

Menurut webstudi Resistor merupakan komponen dasar elektronika pasif yang digunakan untuk membatasi jumlah arus yang mengalir dalam satu rangkaian.

Menurut smp3smi Resistor merupakan komponen yang didesain untuk memiliki besar tahanan tertentu dan disebut pula sebagai resistor.

Menurut fit.labs Resistor adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk menghambat atau mengatur arus listrik dalam suatu rangkaian elektronika.

Menurut dikkirifai Resistor adalah komponen elektronika yang berfungsi sebagai penghambat atau pembatas arus listrik.

Berdasarkan pendapat tersebut Resistor merupakan komponen elektronika pasif yang berfungsi untuk menghambat dan mengatur arus listrik dalam suatu rangkaian elektronika.

Kapasitor 


Sumber : https://smp3smi.wordpress.com


Menurut Muhammad Zakky Kapasitor atau komentator merupakan jenis komponen pasif yang memiliki fungsi untuk menyimpan energi listrik dalam jangka waktu sementara. Selain itu kapasitor digunakan untuk memiliki gelombang pada rangkaian tuner.

Menurut webstudi Kapasitor adalah komponen elektronika yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan elektronik selama waktu yang tertentu. Fungsi dari kapasitor adalah memilih gelombang pada rangkaian tuner.

Menurut smp3smi Kapasitor adalah suatu komponen elektronika yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik dalam bentuk muatan.

Menurut fit.labs Kapasitor adalah komponen elektronika pasif yang dapat menyimpan energi atau muatan listrik dalam sementara waktu.

Menurut dikkirifai Kapasitor adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk menyimpan muatan listrik sementara.

Berdasarkan pendapat tersebut Kapasitor adalah komponen elektronika pasif yang dapat menyimpan energi atau muatan listrik dalam sementara waktu. Kapasitor juga dapat memilih gelombang radio pada rangkaian tuner.

Induktor 


Sumber:
https://smp3smi.wordpres.comyy

Menurut Muhammad Zakky Induktor adalah komponen elektronika pasif yang berfungsi untuk mengatur frekuensi atau filter dan sebagai alat kopel atau penyambung.

Menurut webstudi Induktor adalah komponen elektronika pasif yang berguna untuk mengatur frekuensi, filter dan juga sebagai alat kopel atau penyambung.

Menurut smp3smi Induktor adalah sebuah komponen elektronika pasif yang dapat menyimpan energi pada Medan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melintasinya.

Menurut fit.labs Induktor adalah elektronika yang berfungsi sebagai frekuensi, filter dan juga dan juga sebagai alat kopel.

Menurut dikkirifai Induktor digunakan sebagai suatu filter yang dalam rangkaian pemroses sinyal.

Berdasarkan pendapat tersebut Induktor adalah komponen elektronika pasif berfungsi sebagai pengatur frekuensi, filter dan juga sebagai alat kopel (penyambung).

Dioda 


Sumber :
https://smp3smi.wordpress.com


Menurut Muhammad Zakky Dioda merupakan salah satu jenis komponen elektronika yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik dari satu arah ke arah lainnya.

Menurut webstudi Dioda merupakan komponen elektronika aktif yang berfungsi untuk mengatur untuk mengalirkan arus listrik pada satu arah dan juga mampu menghambat dari arah perlawanan.

Menurut smp3smi Dioda adalah komponen elektronika aktif yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik ke satu arah dan juga bisa membuat arus listrik dari arah sebaliknya.

Menurut fit.labs Dioda adalah komponen elektronika aktif yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik satu arah dan menghambat arus listrik dari arah sebaliknya.

Menurut dikkirifai Dioda adalah komponen elektronika pasif yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dalam satu arah.

Berdasarkan pendapat tersebut Dida merupakan komponen elektronika pasif yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik ke satu arah dan menghambat arus listrik dari arah sebaliknya.

Transistor 





Sumber : 
https://smp3smi.wordpress.com


Menurut Muhammad Zakky Transistor adalah komponen elektronika aktif yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik dari satu arah ke arah lainnya. Serta dapat menghambat arus listrik dari arah sebaliknya. 

Menurut webstudi Transistor merupakan komponen elektronika aktif yang mempunyai 3 terminal. Transistor ini memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai penguat arus, sebagai switch (pemutus dan penghubung), stabilitas tengangan, modulasi sinyal penyearah dan sebagainya.

Menurut smp3smi Transistor merupakan komponen elektronika aktif digunakan sebagai penguat, sirkuit pemutus dan penyambung, stabilitas Tegangan dan juga sebagai modulasi sinyal.

Menurut fit.labs Transistor merupakan komponen elektronika yang memiliki banyak fungsi dan merupakan komponen yang memegang peranan penting dalam dunia elektronik.

Menurut dikkirifai Transistor komponen aktif yang berfungsi sebagai penguat sinyal dan juga dapat berfungsi sebagai saklar elektronik.

Berdasarkan pendapat tersebut Transistor merupakan komponen elektronika aktif yang memiliki banyak fungsi dan merupakan komponen yang memegang peranan yang sangat penting dalam dunia elektronika.

IC (Integred Circuit) 


komponen elektronika jenis IC berikut yang dilengkapi dengan gambar dan simbol


Sumber: 
http://www.webstudi.site.com


Menurut Muhammad Zakky IC adalah  komponen elektronika aktif yang terdiri dari gabungan ratusan bahkan jutaan transistor. Yang berfungsi untuk menguatkan, memutus, menghubungkan, dan mengontrol hingga untuk media penyimpanan.

Menurut webstudi IC adalah komponen elektronika aktif yang merupakan berbagai kumpulan komponen yang membentuk suatu rangkaian elektronika yang memiliki fungsi tertentu.

Menurut smp3smi IC adalah sebuah komponen yang membentuk suatu komponen elektronika dalam sebuah kemasan kecil.

Menurut fit.labs IC merupakan gabungan dari ratusan bahkan jutaan transistor, kapasitor,  dan komponen lainnya. Fungsi dari IC adalah sebagai penguat, sebagai Switch, sebagai penguat dan juga sebagai media penyimpanan.

Menurut dikkirifai IC merupakan komponen elektronika aktif yang berfungsi sebagai penguat, sebagai Switch, sebagai media penyimpanan.

Berdasarkan pendapat tersebut IC adalah komponen aktif yang terdiri dari gabungan ratusan bahkan jutaan resistor, transistor, dan komponen lainnya yang diintegrasikan menjadi sebuah rangkaian elektronika dalam sebuah kemasan kecil.

Daftar pustaka 

Zakky, Muhammad. 2019 komponen elektronika
https:// MuhammadZakky.com/2019/07/komponen-elektronika.html?m=1 diakses pada tanggal 18 September 2019 pada pukul 03.00

____. 2016 komponen elektronika
http://www.webstudi.site/2016/10/jenis-fungsi-simbol-komponen-elektronika.html?m=1 diakses pada tanggal 18 September 2019 pada pukul 04.00

____. 2017 komponen elektronika
https://smp3smi.wordpress.com/macam-macam-komponen-elektronika-beserta-fungsinya/ diakses pada tanggal 19 September 2019 pada pukul 08.00

____. 2018 komponen elektronika 
https://fit.labs.telkomuniversity.ac.id/macam-macam-komponen-elektronika-apa-saja-itu-yuk-cari-tahu/ diakses pada tanggal 19 September 2019 pada pukul 09.00

____. 2016 komponen elektronika
http://dikkirifai.blogspot.com/2016/10/rangkuman-tentang-elektronika-dasar.html?m=1 diakses pada tanggal 19 September 2019 pada pukul 10.00

Komentar

Postingan Populer