Media Implementasi Jaringan

Media Implementasi Jaringan


Media Implementasi Jaringan merupakan media yang membahas tentang media tentang macam-macam yang biasa untuk membangun jaringan komputer yang terutama pada media kabel.


Kabel Twisted Pair (Shielded Twisted Pair & Unshielded Twisted Pair)
Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
Jenis-jenis Media Implementasi
Kabel STP (Shielded Twisted Pair

Sumber: https://www.google.com 


Menurut Bagus Prasetyo Kabel Twisted Pair adalah kabel yang dibagi menjadi 2 macam yaitu shielded dan unshielded yang tidak mempunyail selubung pembungkus. Kabel ini terdiri dari 2 atau 4 bahkan lebih pasangan kabel, kabel ini merupakan kabel yang di twist satu sama lain yang bertujuan untuk mengurangi interferensi listrik, kabel ini bisa melewat signal 10-100 Mbps, twisted pair ini hanya menangani satu Chanel data, biasanya koneksi ini memakai RJ-11 atau RJ-45, kabel STP lebih tahan interferensi daripada kabel UTP dan dapat beroperasi pada kecepatan 100 Mbps namun lebih sulit untuk ditangani secara fisfik.

Kabel coaxial 


Sumber: http://abhelevitov.blogspot.com


Menurut Abhe Levitov kabel coaxial merupakan suatu jenis kabel yang yang menggunakan 2 buah konduktor yang biasa digunakan untuk bandwith yang tinggi. Kabel coaxial yang paling populer di gunakan pada Local Area Network (LAN). Kabel ini memiliki Bandwith yang lebar sehingga bisa digunakan untuk komunikasi broadband (multiple channel). Macam-macam kabel coaxial adalah kabel TV, Thick, ARCnet, dan thin coax.

Thick Coaxial dikenal dengan 10base5, kabel ini biasanya digunakan backbon pada installasi ethernet jaringan antar gedung. Kabel ini sulit ditangani secara fisik karena tidak fleksibel dan berat.

Thin Coaxial dikenal dengan nama RG-58, cheapernet, 10base2, dan thinnet. Kabel ini digunakan untuk jaringan antar workstation dan juga dapat mengimplementasikan topologi bus dan topologi ring. Karena kabel ini sangat mudah ditanggani oleh fisik.

Fiber optic

Jenis-jenis Media Implementasi


    Jenis-jenis Media Implementasi

    Jenis-jenis Media Implementasi
Jenis-jenis Media Implementasi
Sumber: https://www.google.com 

Menurut Adham Baihaqi fiber optic adalah suatu jenis kabel yang terbuat dari kaca yang sangat halus dan digunakan sebagai media transmisi karena dapat  menstransmisikan suatu sinyal cahaya dari suatu lokasi ke lokasi lainnya dengan kecepatan yang tinggi. Kabel ini sangat mahal dan mempunyai bandwith yang sangat lebar, kabel ini tidak ada resistansi dan loss dan tidak mudah terganggu dengan cuaca dan panas kabel ini merupakan kabel utama di masa depan.


Wireless 

Menurut tokimaruku.blogspot.com wireless merupakan jaringan tanpa kabel yang menggunakan udara sebagai media transminya untuk menghantarkan elektromagnetik. Kabel ini mudah untuk melakukan installasi dan setiap workstation berhubungan dengan hub atau consentrator melalui gelombang radio atau infra merah. 

Daftar pusaka 

____. 2015. Media Implementasi Jaringan https://www.google.com/amp/s/bagusleopart07.wordpress.com/2015/08/07/jenis-jenis-media-implementasi-jaringan-komputer/amp/ diakses pada tanggal 10 September 2019 pada pukul 07.00

____. 2011. Media Implementasi Jaringanhttp://abhelevitov.blogspot.com/2011/04/blog-post.html?m=1 diakses pada tanggal 10 September 2019 pada pukul 08.00

____. 2016. Media Implementasi Jaringan http://admsomething.blogspot.com/2016/01/jenis-jenis-media-implementasi-jaringan.html?m=1 diakses pada tanggal 10 September 2019 pada pukul 09.00 

____. 2009 Media Implementasi Jaringan https://tokimaruku.blogspot.com/2009/05/jenis-jenis-media-implementasi-jaringan.html?m=1 diakses pada tanggal 10 September 2019 pada pukul 10.00 

Komentar

Postingan Populer